MTSN 2 KOTA KEDIRI TERIMA STUDI BANDING RISET DARI MTs AL IMAN BULUS PURWOREJO JAWA TENGAH

Kota Kediri (MTsN 2 Kota Kediri) – Jumat  Pagi (28/05/2021) Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Kediri menerima kunjungan istimewa rombongan guru MTs Al Iman Bulus, Purworejo,  Jawa Tengah, berjumlah 18 orang yang terdiri dari Kepala Madrasah beserta dewan guru.

Kunjangan silaturahim dari  MTs Al Iman Bulus, Purworejo, Jawa Tengah ini disambut hangat oleh tuan rumah, MTsN 2 Kota Kediri. Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Iman, Bapak Yasrif Efendi, M.Pd. bahwa tujuan kunjungan tersebut adalah ingin bersilaturahim dan  ingin belajar  serta melihat lebih dekat bidang riset di MTsN 2 Kota Kediri yang telah menorehkan banyak prestasi khususnya bidang riset. Selain itu, sejak ditetapkannya sebagai “Madrasah Riset” sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama tentang Madrasah Riset Tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah sesuai SK Dirjen Pendis No. 6757 Tahun 2020 tentang Penetapan Madrasah Penyelenggara Riset tahun 2020, madrasah yang beliau pimpin berkeinginan menimba ilmu secara langsung di MTsN 2 Kota Kediri.

Bertempat di Aula Mahad Terpadu kegiatan berlangsung dengan diawali pembacaan susunan acara oleh MC yang sekaligus Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas, Sukarti, M.Pd. dan dilanjutkan oleh sambutan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Kediri, Hadi Suseno, M.Pd.  dengan penuh keakraban. Melalui sambutannya, beliau menyampaikan  selamat datang dan merasa senang dengan adanya kunjungan dari MTs Al-Iman Bulus, Purworejo, Jawa Tengah. “Selama Study Banding, silakan menggali informasi sebanyak mungkin mengenai riset yang ada di MTsN 2 Kota Kediri,” pesan beliau dengan ramah.

Acara selanjutnya adalah pemaparan tentang riset yang disampaikan oleh Koordinator Bidang Riset MTsN 2 Kota Kediri, Enik Kurniawati, M.Pd.  Dalam pemaparannya, beliau juga menyampaikan contoh-contoh atau judul-judul penelitian siswa MTsN 2 Kota Kediri yang telah meraih juara dalam even lomba riset baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Dalam pemaparannya, Ibu Enik, demikian sapaan akrab beliau, berpesan bahwa intinya ketika anak (siswa) mengikuti lomba jangan memasang target harus menang. Akan tetapi, pengalaman-pengalaman yang anak peroleh selama mengikuti lomba jauh lebih berharga. “Biarkan anak-anak berproses, Insya Allah hasil akan mengikuti usaha,” lanjutnya sambil tersenyum.

Pemaparan tentang riset juga disampaikan oleh Nur Farida, S.Pd. selaku tim riset dalam bidang Sosial dan Humaniora. Beliau memberikan trik- trik dan tipsnya dalam membimbing siswa di bidang KIR. Sebetulnya sangat banyak peristiwa atau hal-hal di sekitar kita yang bisa diamati dan diteliti. Pembimbing harus pandai menggali ide siswa untuk lebih kritis dalam menyikapi fenomena-fenomena yang ada di sekitarnya. Sebagai contoh yang dilakukan oleh siswa MTsN 2 Kota Kediri, Najwa Kahani Fatima, yang mampu meraih juara 2 dalam MYRES tahun 2019 berkat penelitiannya tentang dampak dari proyek pembangunan Bandara Kediri bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Peserta sangat antusias mengikuti pemaparan yang disampaikan oleh tim Riset MTsN 2 Kota Kediri.  Berbagai pertanyaan pun terlontar seputar pengembangan riset sebagai mata pelajaran mulok dan ekstra KIR yang ada di MTsN 2 Kota Kediri. Enik Kurniawati, S.Pd. yang juga peraih Guru Berprestasi ini dengan sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh peserta Study Banding. Kegiatan diakhiri dengan kunjungan rombongan ke ruang LAB IPA yang sekaligus sebagai tempat anak-anak KIR berkarya. Dalam kunjungan tersebut para tamu melihat karya-karya siswa di bidang KIR sekaligus melakukan  tanya- jawab mengenai karya-karya tersebut kepada yang bertugas sekaligus pembimbing KIR yaitu Siti Zahrok, S.Pd.

 

MTSN 2 KOTA KEDIRI TERIMA STUDI BANDING RISET DARI MTs AL IMAN BULUS PURWOREJO JAWA TENGAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *