Siswa dan Guru MTsN 2 Kota Kediri Peduli Lingkungan Hidup Melalui Coretan Pena

Peduli lingkungan tidak hanya bisa diungkapkan lewat gerakan nyata yang berhubungan langsung dengan lingkungan itu sendiri. Kita bisa menuangkan ide dan gagasan kita sesuai dengan bidang kita masing-masing. Sebagai Madrasah Literasi sebagaimana predikat yang disandang oleh MTsN 2 Kota Kediri sejak tahun 2017, beberapa siswa dan guru Madtsanda mencoba menggugah kepedulian kita terhadap kelestarian dan keberlangsungan lingkungan sekitar yang asri, sejuk, dan indah sebagaimana harapan semua orang melalui tulisan (buku).

Dalam jangka waktu satu bulan ada dua buku yang berhasil ditelurkan oleh oleh siswa dan guru. Buku tersebut berjudul Petualangan Fantasi dan Mengenal Puisi Rakyat: Pantun, Syair, dan Gurindam. Buku yang pertama berupa antologi cerpen fantasi yang dikemas dalam judul Petualangan Fantasi. Membaca karya siswa-siswi kelas 7-B (saat ini kelas 9-B) di buku ini membuat kita seakan-akan ikut terlibat dalam keseruan petualangan mereka di dunia fantasi. Jalinan cerita dibuat begitu apik dan memikat. Ada tujuh judul cerita dalam antologi ini. Semuanya bagus, semuanya menarik, semuanya mengajak kita sadar diri untuk lebih peduli dengan lingkungan kita, bumi kita, tempat kita hidup dan beribadah kepada-Nya.

Buku kedua berjudul Mengenal Puisi Rakyat: Pantun, Syair, dan Gurindam merupakan buku pendamping buku pelajaran untuk siswa kelas VII. Buku karya Sukarti yang juga guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia di MTsN 2 Kota Kediri ini berisi penjelasan  tentang puisi rakyat khususnya pantun, syair, dan gurindam. Buku yang juga dilengkapi dengan latihan soal ini sebagian besar contoh yang disajikan bertema kehidupan di masa pandemi sesuai dengan kondisi saat buku ini lahir yaitu tahun 2021, masa di mana pandemi virus korona atau Covid-19 melanda dunia. Selain itu, Sukarti juga mengajak kita untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Hal ini bisa kita baca dari contoh-contoh pantun yang disajikan, yaitu pantun bertema lingkungan hidup.

Kita memiliki kewajiban yang sama dalam melestarikan bumi ini. Dengan kepedulian yang ada,  hijaukan bumi kita, lestarikan lingkungan sekitar kita.

bagikan :
Siswa dan Guru MTsN 2 Kota Kediri Peduli Lingkungan Hidup Melalui Coretan Pena

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram
WhatsApp