Kota Kediri (MTsN 2 Kota Kediri): Ada yang berbeda dengan kegiatan apel yang biasa  dilaksanakan setiap hari Senin, 22 Agustus 2022 di MTsN 2 Kota Kediri. Apel kali ini bertindak sebagai Pembina Apel adalah Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Kediri, Hari Rahmat, S.H., M.H.

Kedatangan tim dari Kejaksaan Negeri Kota Kediri tersebut dalam rangka  program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) dengan tema “Kenali Hukum, Jauhi Hukuman” yang bertujuan untuk memberikan pengenalan sekaligus pemahaman tentang Kejaksaan dan hukum. Dari kegiatan ini diharapkan para guru dan siswa lebih paham tentang hukum serta bisa menghindari pelanggaran beserta hukumannya.

Sesudah apel yang diikuti oleh sekitar 1.600 orang yang terdiri dari siswa, Guru, dan Tenaga Kependidikan (GTK), selanjutnya diberikan materi pembinaan hukum yang diikuti oleh hampir 500  peserta bertempat di Aula MTsN 2 Kota Kediri.

Ada 3 materi yang disampaikan dengan sangat menarik oleh Bapak Wahyu, Ibu Susan, dan Bapak Novan, yaitu Mengenal Kejaksaan, Tindak Pidana Kekerasan Seksual, dan Perlindungan Cyberbullying. Para peserta tampak begitu antusias mengikuti jalannya acara dari awal hingga akhir. Hal ini tampak dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan serta respon mereka ketika menjawab pertanyaan dari para pemateri.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Ibu Susan, ada 3 hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak pidana kekerasan seksual, yaitu: a. Peran keluarga, sekolah, dan pemerintah; b. Hindari bepergian dengan orang yang baru dikenal; c. Bijak dalam menggunakan media sosial.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan cindera mata dari Kejaksaan Negeri Kota Kediri yang diserahkan langsung  oleh Kasi Intel Kejari Kota Kediri, Hari Rahmat, S.H., M.H. kepada Kepala MTsN 2 Kota Kediri, Drs. Hadi Suseno, M.Pd. (HUMAS)

“Program Jaksa Masuk Sekolah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.