LATAR BELAKANG

Madrasah merupakan kawah candradimuka pembentukan kepribadian siswa secara utuh. Disamping transfer ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa, juga pembentukan mental kepribadian yang baik seperti disiratkan dalam tujuan pendidikan nasional yaitu terbentuknya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Upaya peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia yang cerdas, terampil, berakhlak mulia dan mampu hidup bersaing  adalah tuntutan dari perkembangan zaman pada saat ini. Oleh karena itu upaya peningkatan SDM ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan di evaluasi secara berkala. Hal ini menjadi semakin penting karena perubahan-perubahan akibat perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi (Iptek) serta komunkasi menjadi semakin tidak kentara.

Salah satu bagian yang penting dalam upaya tersebut adalah madrasah sebagai fungsi pendidikan berkewajban untuk mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat, khususnya generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada kompetensi siswa yang diarahkan pada kompetensi multiple intelegensi sangatlah diharapkan. Oleh karena itu Upaya pengembangan Potensi Diri Siswa sangatlah diperlukan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Kesiswaan merupakan salah satu aspek yang sangat dominan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Berbagai aspek pendidikan sangat berkaitan dengan siswa, oleh karena itu kesiswaan memegang peranan penting dalam sukses pendidikan secara umum. Keterlibatan berbagai steak holder juga menunjang sukses pengembangan kesiswaan. Melihat dari hal tersebut sudah barang tentu, kemampuan yang dimiliki siswa di luar akademik sedapat mungkin diwadahi dan dikembangkan oleh sekolah melalui kegiatan kesiswaan yang lengkap.

TUJUAN

  1. Mengembangkan seluruh potensi siswa secara maksimal, baik potensi akademik maupun non akademik.
  2. Menyiapkan siswa menuju masyarakat belajar yang cerdas dan memahami nilai-nilai masyarakat yang beradab.
  3. Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa sehingga timbul kecakapan hidup (life skiill) yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
  4. Memberikan kemampuan minimal untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi dan hidup bermasyarakat
  5. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan madrasah.
  6. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
  7. Meningkatan  apresiasi dan penghayatan seni.
  8. Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara dengan berdasarkan Pancasila.
  9. Meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi siswa untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani.
  10. Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup sekitar madrasah, sekitar desa atau kelurahan di mana siswa berada / bertempat tinggal.

RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN

Ruang lingkup pembinaan adalah sebagai berikut :

  1. Program Pembinaan Organisasi siswa
  2. Program Pembinaan Ekstrakurikuler
  3. Program Kegiatan Pembiasaan

SASARAN PEMBINAAN

Sasaran Pembinaan adalah :

  1. Upaya penyelamatan Potensi diri Siswa
  2. Upaya pemberdayaan  Potensi diri Siswa

HASIL YANG DIHARAPKAN

  1. Mampu melahirkan SDM yang memiliki keimanan, ketaqwaan, berkualitas, kompetitif, berdedikasi, mandiri dan profesional
  2. Mampu meningkatkan prestasi siswa sesuai bakat dan minat siswa
  3. Mampu meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa melalui jalur pembinaan penyelamatan siswa dari bahaya perilaku menyimpang di kalangan siswa dan jalur pemberdayaan potensi diri

STRATEGI PEMBINAAN

  1. Melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama, Dinas Pendidikan Kota Kediri dan berbagai instansi dan organisasi lain yang berkepentingan terhadap proses pendidikan kesiswaan.
  2. Difasilitasi dan dibimbing oleh :
  3. Guru Mata Pelajaran
  4. Guru Bimbingan Karir (BK)
  5. Pembina OSIS – MPK
  6. Pembina Ekstrakurikuler
  7. Pelatih