Penutupan Pondok Ramadan di Madtsanda

Kota Kediri (MTsN 2 Kota Kediri) : Memasuki hari kelima atau hari terakhir (30/3/2024) pelaksanaan Pondok Ramadan 1445 di MTsN 2 Kota Kediri ditandai dengan kunjungan Penasihat Lembaga Ittihadul Mubalghin (LIM), K.H. Akhmad Kafabihi. Gus Mad atau Cak Mad, demikian beliau yang lebih akrab dipanggil, diterima langsung oleh Kepala MTsN 2 Kota Kediri, Muh. Nizar. Selanjutnya dengan didampingi oleh salah satu guru, Gus Mad beserta rombongan berkenan hadir di kelas-kelas untuk melihat secara langsung pembelajaran kitab Ta’lim Mutta’alim.

Kedatangan Gus Mad yang disambut langsung oleh kepala Madrasah, bapak Muh. Nizar.

Menurut Gus Mad, tahun ini LIM Lirboyo menempatkan santri-santrinya sebagai pengajar di 30 lembaga pendidikan yang ada di Kota dan Kabupaten Kediri, baik yang berada di bawah naungan Kementerian Agama maupun Dinas Pendidikan. MTsN 2 Kota Kediri sendiri sudah beberapa tahun belakangan ini menjalin kerja sama dengan LIM, yaitu menghadirkan pengajar dalam kegiatan Pondok Ramadan. Dengan pengajar dari Pondok Pesantren Lirboyo serta cara belajar yang berbeda dengan hari-hari biasanya, diharapkan anak-anak lebih bersemangat dan termotivasi untuk belajar terutama tentang ubudiyah.

Gus Mad melihat proses pembelajaran saat Pondok Ramadan

Kajian Kitab Al-Hikam yang diikuti oleh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) MTsN 2 Kota Kediri pada hari yang sama juga memasuki hari terakhir. Meskipun dalam waktu yang sangat terbatas, melalui kegiatan Pondok Ramadan, diharapkan bisa menambah wawasan keluarga besar Madtsanda baik siswa, guru, maupun tenaga kependidikan, terutama di bidang ilmu agama. Pentasyarufan zakat fitrah kepada siswa, warga sekitar madrasah, dan tempat tinggal guru turut mewarnai penutupan kegiatan Pondok Ramadan 1445 H kali ini. (kart)

Penutupan Pondok Ramadan di Madtsanda