Organisasi PMR 

Palang Merah Remaja atau yang akrab disapa dengan PMR merupakan cabang dari organisasi PMI yang diikuti oleh para pelajar tingkat SMP/MTSSMA/MA. PMI sendiri sudah resmi didirikan pada tanggal 17 September 1945 dan diakui oleh ICRC pada tanggal 17 Juni 1950. Sedangkan PMR resmi didirikan pada tanggal 11 Maret 1950 dan ketua pertamanya yaitu “Siti Dasimah”. PMR merupakan salah satu organisasi yang berada di MTsN 2 Kota Kediri yang dibentuk pada tahun 1998.

Organisasi ini bergerak dalam bidang kesehatan, kebersihan, keindahan, dan kemanusian. PMR MTsN 2 Kediri ini juga dikenal dengan sebutan “LAMRESADA”. Dalam kinerja Lamresada, kami bersinergi dengan berbagai pihak baik luar maupun dalam madrasah. Di dalam Madrasah, kami bersinergi dengan tim pelaksana UKS guna dapat mencapai Lingkungan Madrasah yang sehat, bersih, indah, dan rapi. Selain dengan tim pelaksana UKS, kami juga bersinergi dengan organisasi lain yang berada di MTsN 2 kota Kediri. Dalam lingkup luar Madrasah, kami bersinergi dengan pihak Puskesmas dan PMI Kota Kediri.

Setiap kali kami mengadakan kegiatan-kegiatan, kami berusaha untuk mendatangkan pihak Puskesmas dan juga pihak PMI. Tujuannya agar kami mendapat penyuluhan dan pengarahan tentang berbagai hal seperti pentingnya kesehatan, cara menjaga kebersihan yang baik dan tepat, dan masih banyak lagi. Dengan adanya penyuluhan dan pengarahan ini, diharapkan para siswa siswi MTsN 2 Kota Kediri dapat lebih baik dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, baik luar maupun dalam Madrasah.

Tujuan didirikannya organisasi ini yaitu untuk menjadi pelopor bagi siswa siswi MTsN 2 Kota Kediri bagaimana cara yang benar untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Tidak hanya itu, kami juga mengamalkan isi dari Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional serta Tri Bakti PMR di kehidupan sehari-hari agar lingkungan senantiasa nyaman dipandang oleh orang lain. Di dalam PMR kami juga mengenal istilah “Interarma Caritas” bahkan kami menjadikan kalimat inin sebagai salam anggota PMR.

Arti dari “Interarma Caritas” sendiri adalah bantuan dalam peperangan, tetapi jika diterjemahkan secara harfia arti dari kalimat tersebut adalah kita semua bersaudara. Kalimat “Kita Semua Bersaudara” bermakna bahwa setiap orang adalah saudara, tidak membeda bedakan antara satu dengan yang lain. Dan apabila kita hendak menolong orang, meskipun itu kawan ataupun lawan, kita tetap melayaninya tanpa membedakannya. Bersama sama kita pasti bisa menjadikan generasi muda sebagai sukarelawan yang dapat melayani semua orang tanpa melihat martabat mereka