Struktur dan muatan kurikulum disusun berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 165 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Pada Madrasah serta SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2851 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester Madrasah Tsanawiyah. Struktur dan Muatan Kurikulum MTsN 2 Kota Kediri dipaparkan sebagai berikut.

STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman kurikulum pada setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMP/MTs. Struktur kurikulum meliputi: (1) kompetensi inti, (2) matapelajaran, (3) beban belajar SKS, (4) muatan pembelajaran, dan (5) kompetensi dasar.

  1. Kompetensi inti
    Kompetensi inti pada kurikulum 2013 merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada
    setiap tingkat kelas. Kompetensi inti sebagaimana dimaksud terdiri atas:
    a. kompetensi inti sikap spiritual;
    b. kompetensi inti sikap sosial;
    c. kompetensi inti pengetahuan; dan
    d. kompetensi inti keterampilan.
    Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:
    1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
    2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
    3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan

    4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.